Kamis, 15 September 2011

Calon Bupati Mesuji Tinggal 5 Pasang

MESUJI (Lampost): Calon bupati Mesuji Ruswandi Hasan meninggal dunia, Kamis (15-9). Dengan wafatnya Ruswandi yang berpasangan dengan Sariaman, calon bupati-wakil bupati di Mesuji kini tinggal lima pasangan.

"Pasangan tersebut otomatis gugur sesuai dengan peraturan KPU," kata anggota KPU Mesuji yang membidangi pencalonan, Novi Romadona, kemarin. Menurut Novi, gugurnya pasangan nomor urut 1 dalam pilkada Mesuji itu berdasarkan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2010, Pasal 50, Ayat 4.

Novi mengatakan berdasarkan aturan tersebut, partai pengusung tidak dapat mengganti calon saat sudah memasuki masa kampanye. "Sudah masuk masa kampanye jadi tidak bisa lagi diganti. Kalau belum masa kampanye masih bisa. Itu aturannya," ujar Novi.

Dengan gugurnya calon nomor urut (1) itu, Novi mengatakan suara yang memilihnya saat pemungutan suara dinyatakan tidak sah. Sedangkan surat suara yang sudah dicetak dan terdapat nomor urut, nama, serta foto pasangan Ruswandi Hasan-Sariaman, tetap tidak bisa dicetak ulang. "Surat suara tidak kita otak atik. Kami akan distribusikan yang sudah selesai dicetak dan dilipat. Tahapan pilkada tetap berjalan," ujar dia.

Menurut Novi untuk membahas seluruh persoalan tersebut, KPU segera menggelar rapat pleno. "Kami akan putuskan dalam rapat bersama Panwas dan tim kampanye, kalau pemilih yang mencoblos pasangan nomor urut (1) dinyatakan sebagai suara tidak sah," ujarnya.

Pasangan Ruswandi Hasan-Sariaman diusung oleh Partai Demokrat, PKPB, Hanura, Gerindra, PPRN dan Partai Pelopor. Selain partai-partai itu, Ruswandi juga mendapat rekomendasi dari DPP PDIP.

Sedangkan lima pasangan calon-calon yang hingga kini tetap melanjutkan adalah Khamamik-Ismail Ishak, Iskandar Maliki-Agus Setio, Suprapto-Daryanto Dahlir, Buchori Abdul Somad-Paidi, Arif Budiman-Yedi Supriatna.



Kampanye Lancar

Sementara itu, meninggalnya Ruswandi menggemparkan Bumi Serasan Segawe. Kalangan pejabat, pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Mesuji, dan warga terkejut atas meninggalnya mantan Penjabat (Pj.) Bupati itu.

Selain tidak ada tanda-tanda sakit, Ruswandi juga menjalani kegiatan kampanye dengan lancar. Pada kampanye terbuka secara serentak pada Senin (12-9), Ruswandi Hasan dan pasangannya yang berkampanye di Lapangan Kampung Jayasakti, Kecamatan Simpangpematang, tampak bersemangat dalam melakukan orasi.

Hanya pada kampanye terbuka kedua di Kecamatan Way Serdang, Rabu (14-9), Ruswandi tidak hadir. Kampanye dihadiri istri yakni Hj. Suratminingsih dan calon wakil bupati, Sariaman serta seluruh tim kampanye. Sedangkan Ruswandi harus ke Bandar Lampung karena suatu urusan. Kamis (15-9), Ruswandi meninggal di RS Bumi Waras.

Dalam orasi pada kampanye di Kampung Jayasakti, almarhum sempat mengatakan agar pilkada berjalan damai. "Karena kemenangan kita merupakan kemenangan Kabupaten Mesuji," ujarnya saat kampanye.

Sementara itu, seluruh calon bupati dan calon wakil bupati mengirimkan ucapan dukacita. Melalui pesan pendek, seluruh calon mengatakan kalau mereka kehilangan. (UAN/WAH/U-2)

0 komentar:

Posting Komentar

G A N E S I S

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates